Senin, 03 Mei 2010

Awal Mula dan Penyebaran Agama di Indonesia

Di negara Indonesia, kita mengenal adanya 5 agama besar yang diakui. Bahkan sekarang telah berkembang lagi menjadi 6 agama besar yang di percaya di negara ini. Agama-agama tersebut meliputi :

1. Agama Islam
Agama ini merupakan agama terbesar yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Awal mulanya, Islam diperkenalkan oleh pedagang-pedagang yang singgah di Indonesia. Sejak saat itu, penduduk pribumi yang menganut agama ini pun semakin besar. Masuknya agama Islam ke Indonesia pun ditandai dengan munculnya kerajaan-kerajaan Islam yang menguasai wilayah Nusantara, mulai dari Samudra Pasai sebagai kerajaan pertama. Agama Islam adalah agama yang meyakini adanya satu Tuhan, yaitu Allah. Islam memiliki arti "penyerahan" atau dapat dikatakan sebagai penyerahan diri kepada Tuhan. Pada ajaran Islam, dipercaya bahwa Allah menurunkan firman-Nya melalui rasul-rasul. Dan rasul yang terakhir yang diutus Allah adalah Muhhamad.

2. Agama Kristen
Di Indonesia, agama Kristen menjadi salah satu agama yang besar setelah agama Islam. Sama halnya dengan agama Islam yang dibawa masuk oleh pedagang, agama Kristen masuk ke Indonesia dibawa oleh bangsa Portugis.
Mulanya, agama Kristen di perkenalkan oleh orang Belanda pada abad ke-16. Penyebaran agama Kristen di mulai dari wilayah Indonesia bagian Timur.
Agama Kristen adalah agama yang meyakini bahwa Yesus Kristus adalah satu-satunya Juru Slamat yang datang ke dunia, mengambil rupa manusia.
Awal mula dari agama ini adalah ajaran Yesus Kristus yang kemudian di lanjutkan oleh rasul-rasulnya.

3. Agama Katolik
Penyebaran agama Katolik di Indonesia, tidak jauh berbeda dari penyebaran agam Kristen di negara ini. Agama Katolik dibawa oleh para pedagang Portugis yang datang untuk berdagang rempah-rempah.
Para penganut agama Katolik di Indonesia terbilang kecil. Bahkan lebih kecil daripada agama Kristen Protestan.
Hampir sama dengan agama Kristen, Katolik juga mempercayai Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Slamat. Acara-acara keagaaman pada Kristen dan Katolik pun sama karena awal mula Kristen dan Katolik berasal dari rausl-rasul.
Meskipun demikian, terdapat perbedaan antara Kristen dan Katolik. Perbedaan yang paling mendasar adalah mengenai Bunda Maria. Orang-orang Katolik percaya bahwa dengan meminta kepada Bunda Maria, permintaannya akan di kabulkan karena Bunda Maria adalah ibu dari Yesus. Sedangkan orang Kristen percaya bahwa dengan berdoa kepada Allah Bapa atas nama Yesus Kristus, maka doa kita akan di dengar dan di kabulkan, jadi tidak perlu melalui Bunda Maria.

4. Agama Hindu
Agama Hindu adalah agama tertua di Indonesia. Agama ini di percaya berasal dari India. Awal masuknya agama Hindu di Indonesia pun karena dibawa oleh para Musafir yang berasal dari India.
Bahkan dapat dikatakan bahwa agama Hindu adalah agama yang pertama kali ada di Indonesia. Hal ini terlihat dari kerajaan-kerajaan Hindu yang berdiri pertama kali di Indonesia.
Kerajaan Kutai berdiri jauh sebelum kerajaan Samudra Pasai. Kerajaan Kutai berdiri pada tahun 400M sedangkan Samudra Pasai berdiri pada tahun 1267.
Pada mulanya, istilah Hindu digunakan untuk menyebut orang-orang yang tinggal di sepanjang Sungai Sindhu. Kemudian, istilah itupun di populerkan oleh orang Inggris.

5. Agama Buddha
Agama Buddha adalah agama tertua kedua di Indonesia setelah agama Hindu. Meskipun demikian, penganut agama Buddha di Indonesia tergolong lebih sedikit di bandingkan agama Hindu dan agama-agama lainnya di negara ini. Perkembangan agama Buddha di Indonesia jalan seiring dengan perkembangan agama Hindu di Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan munculnya kerajaan-kerajaan Buddha yang hampir bersamaan dengan kerajaan-kerajaan Hindu.
Contoh kerajaan buddha yang ada di Indonesia adalah kerajaan Kalingga yang berdiri pada tahun 640 M.
Agama Buddha, lahir di daerah Nepal dengan Siddharta Gautama sebagai tokoh utama dalam agama ini. Agama Buddha tumbuh dan berkembang dengan kebudayaan-kebudayaan India. Namun kebudayaan tersebut mengalami percampuran dengan kebudayaan-kebudayaan lainnya, seperti kebudayaan Yunani, Asia Tengah, Asia Tenggara, dan Asia Timur.

6. Agama Konghucu
Agama ini berasal dari Cina dan telah di kenal sejak 5000 tahun yang lalu. Nabi Kongzi ( dalam bahasa Hua Yu) atau Kongchu (dalam dialek Hokian) atau Conficius (dalam bahasa Latin) sebagai nabi terakhir dan nabi terbesar.
Agama Konghucu masuk ke Indonesia sekitar abad ke-3 dengan dibawa oleh para pedagang Tiongkok dan imigran yang dating ke Nusantara.
Pada masa pemerintahan Soekarno, terdapat enam agama yang diakui di Indonesia. Namun ketika pemerintahan dipegang oleh Soeharto, kebijakan pun diganti dengan mengakui lima agama saja. Dengan demikian, status agama ini tidaklah jelas.
Agama Konghucu baru diakui lagi ketika pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid. Hingga kini, kultur dan agama ini terus diakui di Indonesia meskipun hanya sekelompok kecil masyarakat yang menganutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar