Jumat, 07 Juni 2013

Sebuah Engagement

Seringkali kita mendengar orang-orang sedang merencanakan sebuah pesta. Entah itu pesta pernikahan, pesta ulang tahun anak, dan masih banyak lagi. Namun ternyata, sebuah pesta kecil sekalipun memilki perencanaan yang tidak mudah. Berbagai hal harus kita perhatikan secara detail.

Menurut pengalaman, pesta kecil seperti engagement yang hanya akan dihadiri oleh sekitar 50 orang saja, membutuhkan suatu perencanaan yang matang. 3 bulan lamanya acara ini dipersiapkan. Mulai dari mempersiapkan tanggal, membeli kemeja untuk cowok, mencari model dress untuk cewek, mencari restaurant, dan lain sebagainya. Sulit? Pasti! Bingung? Jelas!

Kesannya terburu-buru sekali ya? Namun memang itulah yang terjadi. Buru-buru? Iya, kami memang buru-buru karena beberapa bulan kemudian, cowok saya akan melanjutkan s2 di Taiwan. Kenapa 3 bulan? Karena hanya pada bulan itulah terdapat tanggal yang sesuai dengan keinginan semua pihak.

Lalu, hal pertama apa yang harus disiapkan ya? Tanggal! Tanggal adalah hal pertama yang harus dibicarakan bersama pasangan dan keluarga. Kenapa tanggal? Tanpa tanggal, kita tidak akan dapat menentukan hal yang lainnya. Restaurant yang akan dipilih pasti akan menanyakan tanggal. Apabila akan menyewa fotografer, mereka juga pasti akan menanyakan tanggal. Jadi, tanggal adalah hal terpenting yang harus disiapkan pertama.

Setelah tanggal selesai dibicarakan, pihak cewek dapat mulai mencari restaurant yang akan digunakan dan pihak cowok mempersiapkan seserahan yang diminta. Mencari restaurant dan seserahan jangan dikira mudah. Banyak restaurant yang menawarkan menu dan paket special. Oleh karena itu, pihak cewek harus pintar-pintar memilih tempat yang nyaman dan menunya disukai oleh semua pihak. Sedangkan pihak cowok, harus pintar-pintar menyesuaikan harga seserahan dengan budget yang dimiliki.

Lalu, jasa fotografer profesional juga harus dicari. Disadari atau tidak, jasa seperti ini sangat banyak yang menawarkan. Nah, sesuaikan budget yang dimiliki, hasil foto yang disukai, dan album yang diingini ya. Jadi, jangan asal sembarangan memilih. Kalian juga bisa kok meminta rekomendasi dari teman untuk jasa fotografer yang bagus.

Hal utama yang terakhir adalah menentukan make up dan gaun. Kalian bisa mendatangi seorang penjahit untuk membuat gaun yang diinginkan atau membelinya jadi. Mudah, bukan? Tentu saja mudah kalau kalian sudah tau seperti apa model yang diinginkan tetapi apabila belum? Tentu ini akan menjadi suatu awal yang cukup panjang. Nah, yang harus kalian pastikan adalah ukurannya ketika fitting. Jangan ragu untuk mengatakan keluhan pada penjahit yang menangani pakaian Anda.

Ternyata pesta kecil saja membutuhkan persiapan yang cukup matang, bukan? Belum lagi hal-hal kecil yang seringkali tidak kita sadari, seperti warna pita kursi, tamu siapa saja yang akan hadir, dan lain sebagainya. Saran saya, bagi kalian yang mau membuat suatu acara, sekecil apapun acara tersebut, jangan lupa untuk membuat detail sekecil-kecilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar