Rabu, 14 Juli 2010

Siapa bilang wanita tidak dapat berwirausaha?

Wirausaha seringkali diidentikkan dengan bidang-bidang pekerjaan yang ditekuni oleh kaum pria. Namun siapa bilang bahwa wanita tidak dapat berwirausaha?

Jaman sekarang, di kota-kota besar telah banyak wanita yang bekerja dan berwirausaha. Entah itu dilakukan oleh mereka yang masih lajang ataupun oleh mereka yang telah berkeluarga. Meskipun demikian, bidang kewirausahaan yang ditekuni oleh wanita, memang tidak sebanyak bidang-bidang yang dapat ditekuni oleh kaum pria.

Biasanya, kaum wanita dapat menekuni bidang-bidang seni, yang berhubungan dengan keindahan dan kelembutan. Bidang seperti ini dapat diaplikasikan menjadi jenis-jenis pekerjaan seperti fashion designer, animator, konsultan interior rumah, atau bahkan produsen peralatan rumah tangga yang mudah digunakan.

Meskipun memiliki bidang yang lebih sedikit daripada kaum pria, wanita dapat mulai berwirausaha kapan saja. Tidak seperti pria yang dituntut untuk dapat menghidupi keluarganya, wanita dapat memulai usaha bahkan ketika mereka telah berkeluarga dan memiliki buah hati. Kaum wanita hanya dituntut untuk dapat membagi waktunya secara benar antara kehidupan berumah tangga dan karier yang ditekuninya. Karena memiliki peran ganda dalam kehidupan, mereka harus pintar-pintar dalam membagi waktu sehingga tidak merugikan salah satu kegiatan mereka.

Nah, siapa bilang wanita tidak dapat berwirausaha?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar