Jumat, 23 Juli 2010

Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang multifungsi. Tomat dapat dijadikan campuran masakan. Tomat juga dapat menjadi bahan dasar dari minuman (jus tomat). Bahkan tomat dapat juga menjadi pencuci mulut setelah makan ataupun lalapan.

Tomat yang kita kenal, berasal dari daratan Amerika Tengah hingga Amerika Selatan. Tomat seringkali dimasukkan pada jenis sayuran. Mekipun demikian tomat juga termasuk dalam klasifikasi buah-buahan. Bingung khan? Tetapi itulah tomat, buah merah kecil yang sangat mudah ditemui.

Ternyata, sari buah tomat mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Pada 100 gram jus tomat, terdapat 7mg kalsium, 15mg fosfor, 0.9mg zat besi, 230mg natrium, dan 230mg kalium. Belum lagi kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam tomat, membuat buah merah satu ini semakin menyehatkan.

Tomat sangat baik dikonsumsi sejak dini. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang terdapat dalam tomat. Namun jangan salah, tomat merah dan tomat hijau tidak memiliki kandungan yang sama. Kandungan vitamin A dan C pada tomat merah, lima kali lebih banyak dari pada tomat hijau. Oleh karena itu, anda dapat memilih mana yang lebih baik untuk dikonsumsi.

Sangat banyak manfaat dari tomat. Sangat banyak pula variasi untuk mengkonsumsi tomat. Jadi, bagi yang tidak menyukai tomat yang dimasak, tomat dapat dimakan begitu saja. Tetapi jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar